Tentang Bahasa Pemrograman Go dan Popularitasnya

gopher

Hari ini kuliah matrikulasi pertama saya di D4 Teknik Komputer Jaringan STEI ITB. Jadi matrikulasi ini adalah pra-kuliah sebelum benar-benar belajar di kampus ITB. Matrikulasi sendiri diadakan di kantor Seamolec yang berada di komplek Universitas Terbuka, tepatnya daerah pondok cabe Tangerang Selatan. Matrikulasi diadakan selama kurang lebih 2-3 bulan dengan materi yang sebagian besar berhubungan dengan pemrograman, seperti Pemrograman Java, Android, C++ dan Go. Nah pada hari pertama kami belajar bahasa pemrograman Go atau yang lebih dikenal dengan Golang (Go Language). Saya sendiri masih asing dengan bahasa pemrograman ini, bahkan baru mendengarnya ketika matrikulasi tadi.

Oke, jadi apa itu Bahasa pemrograman Go atau Golang ? Golang adalah sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Google pada tahun 2007, kemudian Google memperkenalkannya kepada publik pada tahun 2009. Berarti Golang sudah berumur 5 tahun, tapi kenapa Golang belum begitu populer dikalangan praktisi IT atau para Programmer ? Setidaknya itu yang menjadi pertanyaan saya saat ini. Kita tahu tidak semua produk Google menjadi raksasa dilingkungannya, kenyataannya beberapa produk Google perlahan lenyap karena tidak begitu populer seperti Google Waves, misalnya. Namun bukan berarti Golang akan bernasib sama seperti produk gagal Google lainnya. Sifatnya yang Open Source dan dengan banyaknya pendapat bahwa Golang adalah bahasa yang paling mudah dipahami bisa saja menjadi sebuah eskalasi yang baik bagi perkembangannya, pasalnya sampai saat inipun Golang masih terus dikembangkan, dan kabar baiknya bahwa orang yang mendesain awal bahasa ini adalah orang-orang yang tidak akan Anda ragukan lagi kredibilitasnya. Meraka adalah Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson. Robert Griesemer adalah salah satu staff Google yang menangani Javascript Engine V8, Rob Pike sendiri adalah seorang Software Engineer yang berada dibalik bahasa pemrograman Limbo dan kini bekerja di Google, sedangkan Ken Thompson yang lebih dikenal dengan Ken dikalangan para hacker ini adalah penemu bahasa B yang merupakan predecessor dari bahasa C.

Seorang penjual makanan tidak mungkin membeli makanan di warung orang lain untuk membuktikan bahwa makanan dari warungnya adalah yang paling enak. Begitu juga Google. Jika Anda membaca bagian FAQ dari Golang, anda akan menemukan jawaban bahwa Google juga memakai Golang untuk beberapa produknya.

Yes. There are now several Go programs deployed in production inside Google. A public example is the server behind golang.org. It’s just the godoc document server running in a production configuration on Google App Engine. Other examples include the Vitess system for large-scale SQL installations and Google’s download server, dl.google.com, which delivers Chrome binaries and other large installables such as apt-get packages.

Dan ternyata bukan hanya Google saja yang menggunakan Go, dari perusahaan-perusahaan besar sampai startup-startup pun beberapa telah memakai Golang diantaranya seperti Soundcloud, Heroku, BBC, Cannonical, sampai Nokia-Siemens Network (Sumber). Jadi, apakah Golang ini benar-benar akan tumbuh pesat ?

(Sumber gambar)

Jika kita mengacu kepada grafik Google Trend diatas kita bisa tahu kemana Golang akan mengarah, ini bukan sesuatu yang harus kita tunggu kapan kurvanya akan menurun. Hanya dalam 4 tahun saja popularitas Golang semakin menanjak. Oke, ini bisa jadi normal. Wajarnya setiap orang akan begitu tertarik terhadap sesuatu yang baru, namun pernahkah Anda mencari tahu bagaimana popularitas bahasa pemrograman lainnya ketika Golang terus memperlihatkan asap roketnya ? Mari kita lihat grafik popularitas berdasarkan Google Trend pada Java diabawah ini ?

(Sumber Gambar)

Dari tahun ketahun popularitas Java semakin turun. Namun kehadiran Go harus kita apresiasi sebagai angin segar bagi perkembangan teknologi. Sudah saatnya setiap orang belajar pemrograman sebagai suatu bentuk pelatihan logika seperti halnya belajar matematika. Jika dulu kita melihat istilah Pemrograman sebagai sesuatu yang memusingkan dan susah untuk dipahami, sekarang bukan zamannya lagi. Pasalnya Golang disebut-sebut sebagai bahasa yang mudah dimengerti bahkan oleh orang yang belum pernah belajar pemrograman sekalipun. Lantas apa saja keunggulan Golang ?

1. Golang bersifat aman (type-safe, memory-safe)

2. Dirancang untuk perangkat keras modern (multicore, networking, dll)

3. Kompilasi yang sangat cepat

4. Sangat powerful dalam hal Konkurensi / fleksibilitas terutama untuk menangani penggunaan stack.

5. Perangkat lunak yang memiliki ketahanan yang baik (Backend, webserver, dll)

6. Bersifat Open Source

7. Dikembangkan oleh perusahaan besar, yep Google.

8. Clean Syntax dan mudah untuk dipahami

Seperti yang dikatakan mas-mas pengampu dalam mata kuliah ini tadi, bisa jadi Go ini akan menjadi bahasa pemrograman untuk development Android, seperti Swift pada iOS beberapa waktu lalu. Saat ini development native Android memang menggunakan Java yang merupakan produk dari Oracle. Tidakkah lucu perusahaan sebesar Google membiarkan bayinya sendiri digendong oleh orang lain ? Bukan tidak mungkin alasan Google memakai Java untuk native Android adalah salah satu cara untuk menarik para developer untuk membuat aplikasi sebanyak mungkin sebagai salah satu cara meningkatkan popularitas Android, pasalnya saat itu Java memang bahasa pemrograman yang sangat populer. Bisa saja ketika orang sudah familiar dengan bahasa Go, Google melakukan migrasi besar pada pembuatan aplikasi Android. Bagaimana, tertarik untuk mempelajari Go / Golang ? Ayo mulai dengan cara instalasi SDK Go pada tutorial berikut : Instalasi Go pada Windows.

Btw, logo Golang lucu ya ^^


Gambar sampul dari sendgrid.com

[social_share style=”circle” align=”horizontal” heading_align=”inline” facebook=”1″ twitter=”1″ google_plus=”1″ linkedin=”1″ pinterest=”1″ /]

Related Posts:

5 thoughts on “Tentang Bahasa Pemrograman Go dan Popularitasnya

  1. […] post sebelumnya kita telah mengetahui beberapa informasi tentang Golang. Tutorial kali ini akan membahas instalasi […]

  2. Tulisannya sangat menarik sekali dan mudah inspiratif, saya juga mempunyai tulisan yang berkaitan dengan teknik informatikaserupa, klik Disini 😀 😀 Happy Sharing 😀

  3. wah berguna sekali mas, bahasanya ringan banget, aku bookmark deh website nya, sering2 update tutorial Golang ya soalnya lagi belajar juga . Makasih ya

  4. wah, jadi tertarik belajar go nih, terima kasih sharenya bang ^^

  5. keren nih , boleh dicoba semoga bisa memahaminya, thanks buat infonya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *