Review Transformers 4 : Age of Extinction

aa

Pertama, gue cuman mau ngingetin mending nontonnya di teater atau bioskop, jangan buru-buru nyari torrent dengan kualitas TS atau Cam. Untuk sekelas film dengan banyak efek grafis dan efek audio, sayang banget kalau cuman nonton di layar kecil dan dengan sound system alakadarnya. Unless, kamu punya super big screen dan peralatan audio dolby plus beli dvd blueray-nya mungkin gak masalah. Soalnya akan banyak banget adegan-adegan pertarungan yang mengkombinasikan teknologi grafis dan sound efek yang feelnya akan kamu dapetin kalau dilihat dan didenger pake hardware yang mendukung.

kinopoisk.ru

Menurut gue ini adalah film Transformer paling keren yang pernah dibuat dari episode-episode sebelumnya. Gue pribadi lebih seneng jalan cerita Transformer 4 ini dibandingkan yang sebelumnya, ceritanya lebih kompleks, rapi dan lebih banyak pesan positif yang disampaikan dalam alurnya. Namun jangan harap kamu bakalan menyaksikan tokoh Sam Witwicky seperti dalam film-film Transformer sebelumnya, lakon dalam episode ini bukan lagi Sam. Transformer 4 ini bercerita tentang kejadian 4 tahun setelah Transformer 3 : Dark of the Moon, dimana pada masa tersebut semua autobot dan decepticon akan dilenyapkan oleh pihak Intelejen Amerika (CIA) / Cemetery Wind yang bekerja sama dengan mahluk pemburu Seed asal Cybertron, Lockdown. Lockdown adalah salah satu Villain tertangguh dalam episode ini. Gue gak terlalu faham apakah si Lockdown ini Decepticon atau bukan, secara bentuk transformasi dia bisa berubah wujud menjadi sebuah mobil Lamborghini Aventador yang diceritakan sebagai pemburu Cybertronian (mahluk dari Cybertron) yang masih tersisa dan mengeksploitasi mereka untuk kepentingan persenjataannya. Beberapa kali juga Lockdown bicara kepada Optimus bahwa dia kesal karena Autobot dan Decepticon selalu bertengkar dan terlalu baik kepada manusia.

Konflik dalam film ini adalah tentang Konspirasi antara pihak intelejen, KSI dan Lockdown. Gue coba jabarin sedikit tujuan masing-masing pihak.

MV5BMTE0MDExMjY4NDheQTJeQWpwZ15BbWU4MDEzMDg2MDIx._V1__SX1303_SY558_

Pertama pihak Intelejen CIA dengan tentara Cemetery Wind yang dipimpin oleh Harold Attinger, dia adalah dalang dari semua kejadian. Dialah yang mengajak KSI untuk melakukan kontrak dengan dirinya, juga dengan Lockdown. Harold melihat para Cybertronian dari sisi berbeda, menurutnya semua Transformer adalah penyebab terganggunya keamanan Planet bumi, karenanya ia bertujuan untuk melenyapkan semua Transformer, termasuk para Autobot yang telah banyak membantu mengamankan bumi dari serangan Decepticon. Kegiatan Harold sendiri sebenarnya dilakukan secara terselubung dan sangat rahasia sampai tindakan gerilyanya harus dirahasiakan dari gedung putih. Diceritakan, walaupun pihak militer Amerika sudah tidak berafiliasi lagi dengan Autobot (seperti di film sebelumnya), namun Amerika tetap menghormati para Autobot sebagai sekelompok heroik. Sehingga jelas tindakan Harold ini adalah tindakan ilegal yang harus dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Selama beberapa Tahun Cemetery Wind memburu para Autobot yang dibantu oleh Lockdown, hingga akhirnya yang tersisa hanya sekitar 5 Autobot saja.

 

Kedua, perjanjian Harold dan Lockdown adalah menangkap pemimpin Autobot, Optimus Prime. Sebagai imbalannya Lockdown akan mendapatkan Seed yang dapat digunakan untuk membuat Transformium. Diceritakan Transformium adalah logam yang dipakai dalam membuat Transformer. Yang paling mengejutkan gue adalah bangsa Cybertronian ternyata dibuat dari planet Bumi, bahwa dinosaurus punah bukan karena hujan meteor, melainkan dihancurkan dengan seed dan semuanya menjadi logam. Dari logam-logam tersebut dibuatlah transformer. Beberapa kali Lockdown menceritakan bahwa semua Transformer itu diciptakan dari proses logam Transformium tadi oleh mahluk yang ia sebut sebagai Creator, bukan dilahirkan seperti mahluk-mahluk pada umumnya. Belum jelas apakah tujuan Para Creator menciptakan Transformer untuk kepentingan baik atau buruk, yang gue tangkep dari percakapan-percakapan Lockdown adalah bahwa para Cybertronian diciptakan sebagai para petarung yang dapat menaklukan galaksi. Berarti jelas tujuan awal para Transformer diciptakan adalah untuk keburukan, hal ini sekilas mengingatkan gue pada mitologi dewa-dewa Yunani. Di film Wrath of the Titans, Kronos diceritakan sebagai salah satu titan yang jahat yang dikurung oleh anak-anaknya, dewa-dewa Yunani. Begitupun Optimus, di akhir film kamu akan denger kata-kata Optimus Prime kepada para Creatornya yang bikin ceritanya menjadi relevan dengan mitologi Yunani tersebut.

MV5BMjM0OTQxNTQ2MF5BMl5BanBnXkFtZTgwODA2OTQwMjE@._V1__SX1303_SY558_

Ketiga, perjanjian Harold dan pemimpin KSI, Joshua Joyce. Disini akan terlihat jelas siapa sebenarnya yang paling busuk. KSI adalah sebuah perusahan teknologi yang maniak. Sebenernya tujuan Joyce baik, dia ingin menciptakan Transformer versi sendiri untuk melindungi bumi, namun langkahnya adalah kesalahan besar bekerja sama dengan si Harold. Untuk melancarkan penelitiannya KSI membutuhkan Transformer untuk membuat Transformer versi mereka, dan obsesi terbesar mereka adalah membuat sebuah Transformer yang mirip sekali dengan Optimus. Terjadilah kesepakatan dimana KSI bekerja sama dengan CIA yang dibantu Lockdown. Kesepakatan tersebut berisi jika Harold berhasil menangkap Optimus dan diserahkan kepada KSI untuk diteliti, maka 50% saham KSI menjadi milik Harold dan akan memproduksi masal Transformer versi mereka sebagai pasukan ketahanan Planet bumi. KSI berhasil menemukan Transformium dan dengan logam tersebut mereka berhasil membuat Transformer KW Super. Diceritakan mereka membuat Transformer yang katanya lebih baik dari Optimus dan Bumblebee yang sudah kolot dan ketinggalan jaman. Kamu akan lihat scene yang bikin gue ngakak, yaitu saat Bumblebee yang terkenal sentimen marah-marah karena pernyataan tersebut. 😀 Namun lagi-lagi KSI salah langkah. Alih-alih berniat menyelamatkan dunia, mereka malah membuat kesalah baru. Transformer-Transformer yang mereka buat berasal dari pembedahan intelejensia Megatron, pemimpin Decepticon. Mereka mengunduh data dan behaviour dari tubuh Megatron yang telah hancur dan merancang ulang kembali menjadi sebuah Optimus Prime KW berbentuk super Truck besar yang mereka namakan Galvatron. Ketebak dong apa yang terjadi, yep Megatron is reborn! Tebakan aja sih, kayaknya Galvatron akan jadi Villain lagi di Transformer episode selanjutnya.

MV5BMjAyMzgwNjA0MF5BMl5BanBnXkFtZTgwNDEwMjUzMDE@._V1__SX1303_SY558_

Rasanya gak lengkap kalau film Transformer enggak ada keterlibatan manusia dalam aksinya. Dalam film ini lakon manusianya berasal dari seorang ilmuan robotika amatir yang membuat eksperimen dari barang-barang lama, Cade Yeager. Hingga pada suatu waktu saat ia sedang membeli barang rongsokan bekas di sebuah teater yang sudah lama tidak digunakan, ia menemukan super truck besar dan kemudian membelinya. Truck tersebut adalah Optimus Prime yang sudah lama tidak berfungsi dan secara tidak sengaja Yeager membuat Optimus sadar kembali. Optimus marah besar, usahanya membantu manusia selama ini telah dikhianati. Optimus menyesalkan tindakan oknum-oknum manusia yang membantai para Autobot yang pada akhirnya tindakan tersebut membuat Optimus tidak percaya lag kepada manusia, namun pada akhirnya Yeager berhasil mengembalikan kepercayaan tersebut. Bahwa kami manusia adalah pembuat masalah, tetapi kami yakin kami selalu belajar dari kesalahan dan berusaha menjadi baik, katanya. Ada hal positif yang gue tangkep dari petualangan Yeager dan Optimus, yaitu tentang kepemimpinan. Optimus sebagai pemimpin para Autobot menunjukan jiwa pemimpinnya dalam menentukan keputusan-keputusan dan keberaniannya sebagai pemimpin dalam mengambil tindakan yang tepat. Yeager yang dalam film ini diceritakan sebagai single parent dan kepala keluarga yang protektif banget sama anak semata wayangnya Tessa yang makin beranjak dewasa.

MV5BMjA4OTg3NTg1Nl5BMl5BanBnXkFtZTgwMDIxNjAxMTE@._V1__SX1303_SY558_

Aaaaand di final battle kamu bakal nemuin awesome stuff, para legenda Cybertron, Dinobots! legenda Cybertron ini dilepaskan oleh Optimus Prime dari mothership Lockdown, and they are giant Transformers. 4 Transformer berukuran dua kali lipat Optimus Prime. Sepertinya Transformer-Transformer ini adalah generasi pertama, soalnya berbentuk dinosaurus. Dan yang kita tahu wujud transformer beradaptasi dengan apa yang menurut mereka sesuai dengan karakternya ketika turun ke Bumi. Dan ya, seperti yang gue ceritakan di atas para Creator menciptakan Transformer ketika jaman dinosaurus di bumi dan bisa jadi para legenda itu meniru bentuk dinosaurus. Kamu harus lihat ketika para Autobot yang tersisa mengendarai para legenda menuju medan pertempuran melawan gerombolan Galvatron dan Lockdown, heroik banget.

MV5BMTYwNTg3MDA5M15BMl5BanBnXkFtZTgwODEwODYwMjE@._V1__SX1303_SY558_

Well, walaupun ngantri gak sia-sia nonton ini film. Kamu bayar tiket 35.000 atau 50.000 pun gak bakalan rugi, filmnya berdurasi hampir 3 jam yang lebih panjang dari film-film Hollywood pada umumnya. Kalau boleh ngasih rating, rating gue 8 dari 10 deh untuk keseluruhan filmya.

Lihat juga : 4 Tokoh Dinobot Dalam Transformers 4


 

Sumber gambar : imdb

Related Posts:

4 thoughts on “Review Transformers 4 : Age of Extinction

  1. sob, bisa review-kan kata – kata Optimus Prime waktu naklukin Dinobots -sebelum Optimus mengendarai Dinobots dan turun ke medan tempur-, soalnya ane belum punya kasetnya yg asli. hehe bioskop d sini jg gk ada. dan kaset KW gue udah gue jual lagi. nyesel../

  2. Kerennnn banget review nya sob. Trimakasih banyak.
    Oiya, transformer itu ada cerita bukunya kah?novel nya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *