P.K, Drama Komedi Bollywood besutan sutradara 3 Idiots

6

Masih ingatkah Anda dengan film fenomenal 3 Idiots ? Ya, film drama komedi karya sutradara Rajkumar Hirani tersebut sempat menjadi viral dan mendapatkan banyak penghargaan dalam beberapa awards seperti IIFA Awards, Filmfare Awards, dan lain sebagainya. Tidak heran, pasalnya film yang disebut-sebut sebagai film terlaris dalam sepanjang sejarah perfilman Bollywood tersebut menyuguhkan cerita yang berbeda dari film-film Bollywood yang lainnya. Bahkan jika Anda bukan penikmat film Bollywood sekalipun, Anda tidak akan menyangka bahwa industri film India bisa melangkah sejauh itu dengan makin fenomenalnya film 3 Idiots tersebut. Kesuksekan sebuah film memang tidak lepas dari peran seorang sutradara dalam menyajikan jalan cerita yang membuat penonton memasuki atmosfirnya. Akhir tahun 2014 ini, tepatnya tanggal 19 desember kemarin, Rajkumar Hirani kembali merilis sebuah film bertajuk drama Komedi dengan judul “P.K”. Tak tanggung-tanggung, Rajkumar juga melibatkan beberapa orang dalam film terdahulunya, 3 Idiots seperti Aamir Khan sebagai pemeran utama dan Vidhu Vinod Chopra sebagai produser. Jika pada film 3 Idiots Aamir Khan didampingi dua aktor lainnya yaitu Madhavan sebagai Farhan Qureshi serta Sharman Joshi sebagai Raju Rastogi, dalam film P.K ini nampaknya mereka tidak dilibatkan. Namun Anda jangan khawatir, dalam film P.K ini Aamir Khan bakal bekerjasama dengan bintang ternama lainnya seperti Sanjay Dutt, Anushka Sharma, Boman Irani dan Sushant Singh Rajput.

Memang, jika melihat official teaser film P.K ini tema yang diangkat bukan tentang kritik pendidikan seperti pada film 3 Idiots. Film P.K ini menceritakan seorang (sebuah ?) Alien yang diperankan oleh Aamir Khan yang terdampar ke planet bumi dengan tidak mengenakan apa-apa alias telanjang bulat dan hanya membawa sebuah locket yang dia gunakan untuk memanggil pesawat luar angkasanya. Suatu waktu locket atau sebuah benda mirip mini compo yang dipakai untuk memanggil pesawat tersebut dicuri, dia mencoba mendapatkannya kembali namun tidak berhasil. Akhirnya ia harus menetap ditempat yang sangat berbeda dari tempat dimana ia berasal, hingga akhirnya dia mulai memahami penggunaan uang, pakaian, serta habit manusia bumi lainnya. Ketika dia berjalan menuju tempat yang bahkan dia sendiri tak tahu harus kemana, tiba-tiba alien tersebut tertabrak oleh sebuah kendarai yang dikendarai oleh Bhairon Singh yang diperankan oleh Sanjay Dutt. Bhairon berfikir bahwa orang yang ia tabraknya barusan adalah seseorang yang hilang ingatan dan tidak dapat mengenali dirinya sendiri. Akhirnya Bhairon membawa Alien tersebut ke rumahnya kemudian membantunya mengenal dan membiasakan diri dengan kebiasaan-kebiasaan manusia bumi. Bhairon tidak berfikir sedikitpun bahwa orang yang telah ia tolong adalah sesosok Alien. Ia hanya menyangka kalau Alien tersebut adalah manusia pada umumnya,hingga suatu hari Bhairon mengajak Alien tersebut ke sebuah klub malam dan mengenalkannya pada wanita-wanita yang ada disana. Momen tersebut dimanfaatkan Alien untuk mentransfer bahasa yang digunakan penduduk bumi, setelah 6 jam berada di klub malam tersebut, akhirnya Alien dapat mengerti perkataan-perkataan dan dapat berbicara layaknya orang bumi. Dari situ alien tersebut menamai sendirinya PK.

Setelah dapat bicara, PK akhirnya mengatakan pada Bhairon bahwa perangkat nya dicuri. Namun Bhairon berpendapat bahwa pencurinya tidak mungkin menjual barang curiannya di tempat didekat dimana ia mencuri. Bhairon mengatakan bahwa bisa saja barangnya tersebut dijual di Delhi. Berangkatlah PK ke Delhi, namun disetiap dia mencari perangkat tersebut dia selalu mendengar bisikan bisikan aneh ditelinganya seperti “Hanya Tuhan yang bisa membantumu“. Akhirnya PK memutuskan untuk menemukan siapa Tuhan yang dimaksud dalam bisikan-bisikan itu yang membuatnya bingung, tuhan dalam agama mana yang akan ia temui. Sementara orang lain menyangkanya seorang yang sedang mabuk bahkan gila, karena mempunyai nama yang tak lazim yaitu PK.

Suatu hari seorang reporter televisi, Jagat Janani atau biasa dipanggil Jaggu yang diperankan oleh Anushka Sharma menemukan suatu fenomena yang aneh ketika melihat PK membawa poster dengan tulisan “Kehilangan Tuhan”. Jaggu mengikuti PK, bahkan ia membantu menyelamatkan PK saat hendak dipukuli di sebuah kuil karena disangka mencuri uang disana. Dia menanyai segala sesuatu tentang PK dan menayangkan apa yang ia liput di channel televsi dimana ia bekerja, ya Jaggu berniat membantu menemukan perangkat tersebut supaya PK bisa kembali ke planet dimana ia berasal. Ternyata perangkat atau liontin tersebut berada ditangan Godman Tapasvi Maharaj yan dperankan oleh Saurabh Shukla. Dari situlah drama dan aksi untuk mendapatkan perangkat tersebut dimulai,dan sepertinya ini adalah salah satu adegan-adegan terbaik dalam film PK ini termasuk drama percintaan antara Jaggu dan PK.

Akhirnya Jaggu dan PK pergi ke tempat di mana PK menyebutnta pesawat ruang angkasa sebagai kendaraannya untuk kembali ke planet dimana PK berasal. Jaggu datang untuk menyatakn perasaannya bahwa ia mencintai PK. Tapi, PK menolak untuk menerimanya dan memilih kembali ke planet asalnya. Jaggu menulis buku tentang perjalanannya bersama PK dan berkata bahwa PK memberinya dua hal – Sarafaraz dan kasih ayahnya (Parikesit Sahni).

Well, jika melihat sekilas sinopsisnya memang cukup menarik dan sarat akan pesan. Mungkin setiap orang akan menangkap simpulan lain dari apa yang ia tonton. Yang jelas secara garis besar film ini menceritakan tentang penggembaraan spiritual PK dalam mencari sosok Tuhan, juga tentang universaitas cinta Jaggu kepada PK yang dia sendiri yakin PK bukan dari jenisnya. Nilai lebihnya bahwa film ini dikemas dalam nuansa komedi, sehingga akan lebih mudah difahami dan diikuti oleh semua penonton. Film ini perdana rilis di bioskop-bioskop tanggal 19 Desember kemaren, semoga di bioskop-bioskop Indonesia juga segera tayang, sehingga kita tahu apakah film PK ini akan selaris 3 Idiots ? Kita lihat saja.

sumber gambar : cineforest.com

Share :

[social_share style=”square” align=”horizontal” heading_align=”inline” facebook=”1″ twitter=”1″ google_plus=”1″ linkedin=”1″ pinterest=”1″ /]

Related Posts:

One thought on “P.K, Drama Komedi Bollywood besutan sutradara 3 Idiots

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *