Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Shutdown dan Sleep

xxxx

Seakan tak ingin ketinggalan sama orang lain, akhirnya saya berhasil install windows 10 enterprise di laptop Saya. Saya memakai laptop HP Pavilion 14 Notebook yang sebelumnya telah pre-installed Windows 8.1, karena Windowsnya original jadi saya dapat notif untuk upgrade ke Windows 10. Sayangnya konfirmasi untuk Instalasi nya tak kunjung datang. Di emailnya selalu tertulis “Jika perangkat Anda sudah siap di upgrade, kami akan menghubungi Anda“. Faktanya, sudah hampir dua bulan saya tidak menerima email untuk instalasi upgradenya. Untungnya saya dapat Windows 10 Enterprise original dengan cara lain. Tanpa pikir panjang saya langsung backup data di drive C saya, kemudian install ulang menggunakan Windows 10.

Proses instalasipun berjalan lancar. Aktivasi, cek fitur, cek driver, dan lain sebagainya saya lakukan sebelum install aplikasi-aplikasi yang biasa digunakan sehari-hari. Untuk beberapa alasan, saya lebih nyaman pakai Windows 10. Fikir saya. Masih dalam keadaan excited, beberapaa waktu kemudian saya tinggal laptop tersebut karena ada sesuatu yang harus saya kerjakan. Setelah selesai kemudian saya cek lagi laptop, dan sesuatu yang tidak diinginkanpun muncul. Laptop dalam keadaan sleep, tapi ketika mouse, touchpad, keyboard even power button pun, si laptop enggak mau wake-up. Why ? Tidak hanya sampai disitu, ketika di laptop di shutdown, laptop gak bener-bener mati. Screen memang terlihat mati, tetapi hardisk dan lampu indikator masih menyala. Again, why ?. Setelah saya browsing, ternyata memang kebanyakan hal tersebut terjadi pada laptop HP, khususnya seri Pavillion. Seperti thread pada forum : http://www.windows10forums.com/threads/windows-10-wont-wake-up-from-sleep.1050/page-2 atau di http://h30434.www3.hp.com/t5/Notebook-Lockups-Freezes-Hangs/Windows-10-updated-now-HP-Pavilion-won-t-wake-up-from-sleep/td-p/5176160. Saya belum tau persis penyebabnya karena apa, ada yang menyarankan rollback dahulu ke OS sebelumnya, kemudian system recovery baru kemudian install windows 10. Ada juga yang menayarankan update driver Bios. Mungkin selanjutnya saya akan coba update driver Bios, namun untuk sekarang rasanya cukup karena secara garis besar problemnya sudah hilang, kecuali yang shutdown agak sedikit tricky untuk mengatasinya.

Oke, untuk masalah yang enggak mau bangun kalau sudah di sleep, kita bisa mengakalinya dengan mematikan fungsi sleep menjadi hibernate ataupun cuman turnoff screen. Caranya, masuk ke menu settings (Tombol windows, kemudian ada icon gear). Masuk ke Personalization, pilih Lock Screen kemudian cari pilihan Screen timeout settings. Pada pilihan Sleep, On Battery dan On Plugged in di set menjadi Never.

Kemudian untuk masalah yang enggak mau shutdown, mengakalinya sedikit aneh. Jadi, tiap kali Anda ingin mematikan laptop, jangan pilih shutdown, pilih restart. Biarkan laptop melakukan proses restrat sampai masuk ke sceen login. Jangan Login! Pada pojok kanan screen ada icon power, pilih Shutdown dan laptop Anda akan shutdown secara normal. Aneh bukan ? yap, tapi works. 😀 Saya akan update tulisan ini jika saya sudah menemukan solusi yang masuk akal. Salam

Related Posts:

18 thoughts on “Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Shutdown dan Sleep

  1. makasih gan solusi nya.

  2. sama persis kayak ane gan masalahnya, pake nya hp pavillion 14 juga 🙁
    masalahnya terjadi setelah update ke windows 10 jg
    kalo udah ada solusi, tolong dikabari ya gan 😀

  3. ahmad rizal maulana

    makasih gan.. saya coba solusinya.. akhirnya jadi!!!!

  4. Wah persis kayak ane gan. Kalo di restart malah mati. Kayaknya itu bug yang bikin tombol tombolnya jadi naik kayak power jadi ga mati kalo restart jadi shutdown, kalo ane hibernate malah restart gan hehe

    Nice treat. Ternyata ane ga sendirian di dunia yg kelam ini

  5. Kalau di saya terjadi di laptop acer, kira2 sama ya kasusnya??

  6. akhirnya nemu yg sejalan sama ane.. restart -> shutdown. update trs gan postingannya, ane juga lagi nyari penyebabnya apa.

  7. kallo update bios ngaruh gak?

  8. sama gan, ane jg ngalamin ane pake pake asus X455LA cpu core i3-4030u 1,9 GHz. Ane tau masalah’a driver vga gk support tp masalahnya kola ane pake driver versi sblumnya pasti ntar jg kena update sma windows, maksh info’a gan nd jangan lupa share klo dah dapet solusi lanjutan ya gan, biar bisa pke vga yg terupdate…^,^

  9. sama nih shutdown tapi masih nyala haha. dell inspiron 15 7000 series

    • masuk ke control panel -> power option -> Menu choose what the power buttons do -> (klik agar bisa edit) Change setting that are currently unavailable -> scroll ke bawah uncheck hybrid shutdwon alias Turn on fast startup nya..

      mudah2an caranya bisa membantu 🙂

  10. punyaku juga gt gan.. dah ktmu blum solusinya

  11. saya jg pakai laptop yg sama dan mengalami masalah yang sama, sudah saya coba caranya beberapa kali berhasil tp beberapa kali juga tetap tdk mau shutdown.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *