Memanfaatkan Android sebagai smart home appliance

xxxx

Posting kali ini sebenarnya hanya dokumentasi, ini adalah tugas kelompok mata kuliah CGI yang saya dan temen-temen saya kerjakan. Karena kita hanya mempunyai satu buah arduino uno dan satu buah module bluetooth, jadi pada pengerjaan tugas tersebut kita memanfaatkan apa yang ada saja. Jadi ceritanya kita ingin memanfaatkan smartphone Android sebagai Smart Home Appliance. Gak terlalu smart juga sih idenya, karena memang hanya sebuah project sederhana. Dari ide tersebut kita coba mencari latar belakang, dan seperti yang kita tahu pada era serba sekali sentuh ini beberapa orang bahkan memiliki lebih dari satu smartphone. Ketika model baru keluar, model yang lama biasanya tenggelam. Pilihannya kalo enggak dijual ya disimpen. Gimana kalau kita manfaatin aja. Kira-kira begitu tebak-tebakannya. Oke, sepertinya itu hanya bumbu saja Anda mungkin bisa eksplor lebih jauh dari apa yang kami kerjakan. Paling tidak ada beberapa bagian yang bisa Anda implementasikan menjadi sesuatu yang lebih baik dari project ini.

Apa yang bisa aplikasi tersebut lakukan ? Bayangkan kita sedang berada diluar rumah, kemudian Anda ingin mengetahui keadaan sekitar rumah Anda. Dengan aplikasi ini Anda bisa capture keadaan sekitar rumah kemudian melihat langsung foto dari keadaan rumah Anda tersebut saat itu juga dari smartphone. Lebih jauh Anda bisa menyalakan Alarm. Alarmnya gak masuk akal juga sih, namun intinya kita ingin menunjukan bahwa kita bisa memanfaatkan apa saja yang bisa smartphone lakukan dengan mengontrolnya dari jarak jauh. Simplenya kita bisa mengontol suatu smartphone dari jarak jauh dengan smartphone lain, dan project ini hanyalah salah satu implementasi sederhananya.

Namun sebelumnya ada baiknya Anda lihat dulu video dibawah ini untuk demo projectnya :

Sudah ? Kalo saya gambarkan, secara garis besar begini cara kerjanya

Seperti pada yang pada video tersebut jelaskan, kita mempunyai dua buah Android. Yang satu sebagai Client dan yang satu lagi sebagai appliance. Misalnya client ingin mengetahui keadaan sekitar rumah, maka client akan request ke restful untuk capture image, selanjutnya restful akan memanggil url cgi yang telah dihosting di web server. Kemudian dari eksekusi file cgi tersebut cgi akan melakukan komunikasi serial dengan Arduino dengan print karakter tertentu pada Arduino. Disisi lain Arduino yang telah dipairing dengan Android appliance akan membaca secara realtime karakter apa yang terdapat pada Arduino. Setelah itu dilakukan komparasi, jika ternyata komparasi karakter adalah sama dengan parameter yang appliance butuhkan untuk melakukan aksi Capture Image, maka appliance saat itu juga akan menjalankan fungsi tersebut. Sederhana bukan ? Kabar baiknya Android yang difungsikan sebagai Appliance enggak cuman bisa capture image aja, Anda bisa lakukan lebih dari itu.

Tampilan depan aplikasi

Tampilan ketika memilih client

Tampilan ketika memilih appliance, pilih modul bluetooth arduino

Jika sudah terhubung, maka Android akan menyalakan Camera

Kemudian jika sudah di capture maka secara otomatis akan save gambar ke Google Drive, sehingga ketika google drive diakses dari client gambarnya juga sudah ada.

Bagaimana, tertarik untuk eksplor ? Anda bisa download full projectnya di laman github saya di : https://github.com/hynra/android_smarthome-appliance.

Share

[social_share style=”square” align=”horizontal” heading_align=”inline” facebook=”1″ twitter=”1″ google_plus=”1″ linkedin=”1″ pinterest=”1″ /]

Related Posts:

One thought on “Memanfaatkan Android sebagai smart home appliance

  1. keren nih mas bro..semoga bisa dikembangkan lagi ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *