Instalasi Go / Golang pada Windows

1

Pada post sebelumnya kita telah mengetahui beberapa informasi tentang Golang. Tutorial kali ini akan membahas instalasi SDK Golang pada sistem Operasi Windows. Apa saja yang kita butuhkan ?

1. Intellij IDEA sebagai IDE untuk workspace Go project yang akan kita buat. Download : https://www.jetbrains.com/idea/download/

2. Go Installer for Windows. Download : https://golang.org/dl/

Oke, pertama kita akan menginstall IDEA, klik pada installernya kemudian akan muncul jendela seperti berikut :

Quick tips : Pilih saja tombol “Next” untuk setiap section pada proses Instalasi. Tunggu hingga proses instalasi selesai.

Jika proses instalasi telah berhasil, selanjutnya install Go installer yang sudah kita download tadi. Double klik pada installer kemudian akan muncul jendela instalasi seperti berikut :

Sama seperti pada saat proses instalasi IDEA, pilih tombol “Next” untuk setiap section instalasi, kemudian tunggu hingga proses instalasi berakhir.

Kita telah berhasil menginstall dua software utama yang kita butuhkan untuk development Go. Untuk mengecek apakah console Go sudah berjalan di komputer kita atau belum, silahkan lakukan pengecekan dengan cara membuka CMD kemudian masukan syntax “Go”.

Jika CMD menunjukan pesan seperti gambar diatas, silahkan tambahkan variable GOPATH pada system variable dengan cara klik kanan My Computer > Advanced System Setting > Environment Variables > System Variable > pilih new. Kemudian isikan konfigurasi berikut :

Variable Name : GOPATH

Variable Value : C:\GOAPP\

Sehingga variablenya seperti pada gambar berikut :

Lakukan kembali pengecekan pada CMD, ketik Go, maka seharusnya akan keluar seperti berikut :

Selanjutnya buka aplikasi IDEA yang sudah kita Install tadi, maka akan muncul konfigurasi seperti berikut

Pilih saja pilihan yang kedua, sehingga kita akan masuk pada jendela IDEA. Kemudian pilih Configure, kemudian pilih Plugins

Pilih “Browse Repository” karena kita akan menginstall plugin Go yang akan menghubungkan console Go dengan IDEA. Seperti instalasi SDK Android pada Eclipse yang membutuhkan ADT, inipun fungsinya demikian.

Ketik Go Lang pada pencarian Plugin, kemudian Install

Restart IDEA, kemudian pilih New Project > Go

Pilih nama direktori dengan “src”, kemudian pilih next

Jika pada jendela konfigurasi SDK, silahkan locate dimana Go di install, normalnya adalah di C:\Go

Beri nama Project dan rubah project location sesuai kebutuhan.

Jika berhasil makan akan muncul jendela kerja seperti berikut :

Ini adalah script sederhana untuk menampilkan tulisan “Hello World!”, sangat pendek bukan ? Coba run kemudian lihat hasilnya di console :

Sampai tahap ini berarti kita telah berhasil melakukan proses instalasi Go SDK pada komputer kita. Selanjutnya jika kita ingin membuat repository dari aplikasi yang kita buat, seperti menyimpannya dalam github atau semacamnya, selanjutnya kita bisa melakukan instalasi Gits GUI yang bisa di download di : http://git-scm.com/downloads.

Instal Git, kemudian push aplikasi Anda ke layanan repository yang Anda inginkan. Selamat mencoba!

 

Related Posts:

3 thoughts on “Instalasi Go / Golang pada Windows

  1. […] sebelumnya kita telah belajar bagaimana proses instalasi Go pada Windows. Selanjutnya kita bisa mulai mencoba […]

  2. oh ini apps buat programming di windows ya

  3. salam kenal, mau nanya deh klo di cmd kluar notif is not compatible kenapa yaaa.. mohon bantuannya.. makasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *