Golang Web Framework : Menambahkan Halaman Baru

Untuk membuat atau menampilkan halaman baru, pertama kita harus membuat sebuah package baru didalam Controller pada Framework untuk memudahkan kita dalam pendokumentasikan. Misalnya saya membuat sebuah direktori baru pada controller dengan nama coba yang didalamnya terdapat file coba_1.go sebagai controllernya.

Edit file Coba_1.go tadi, kemudian masukan baris kode seperti berikut :

Pada variable baru t dan _ berfungsi untuk merender file HTML, locate file HTML yang diinginkan dan pastikan disimpan pada folder “Template”. Terakhir tambahkan routingĀ pada Routing.go dengan menambahkan baris kode seperti pada gambar berikut :

Pada args route diisi dengan nama path laman baru yang diinginkan, misalkan saya menambahkan “/coba” sehingga nanti yang diakses di web server adalah localhost:8080/coba. Kemudian setelah nama path isikan juka nama Package dimana controller baru tersebut berada dengan nama fungsi (func) dimana file HTML tersebut didefinisikan untuk dirender. Misal saya tadi membuat package baru bernama coba kemudian pada file coba_1.go saya membuat func TestFun yang berisi operasi render file HTML, maka syntax lengkapnya adalah “/coba”, coba.TestFun. Jangan lupa untuk mengimport path direktori controllernya pada bagian import. Jika sudah selesai, silahkan restart main framework, kemudian buka localhost:8080/coba pada browser, maka hasilnya seperti berikut :

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *