Memanfaatkan Android sebagai smart home appliance

xxxx

Posting kali ini sebenarnya hanya dokumentasi, ini adalah tugas kelompok mata kuliah CGI yang saya dan temen-temen saya kerjakan. Karena kita hanya mempunyai satu buah arduino uno dan satu buah module bluetooth, jadi pada pengerjaan tugas tersebut kita memanfaatkan apa yang ada saja. Jadi ceritanya kita ingin memanfaatkan smartphone Android sebagai Smart Home Appliance. Gak terlalu smart juga sih idenya, karena memang hanya sebuah project sederhana. Dari ide tersebut kita coba mencari latar belakang, dan seperti yang kita tahu pada era serba sekali sentuh ini beberapa orang bahkan memiliki lebih dari satu smartphone. Ketika model baru keluar, model yang lama biasanya tenggelam. Pilihannya kalo enggak dijual ya disimpen. Gimana kalau kita manfaatin aja. Kira-kira begitu tebak-tebakannya. Oke, sepertinya itu hanya bumbu saja Anda mungkin bisa eksplor lebih jauh dari apa yang kami kerjakan. Paling tidak ada beberapa bagian yang bisa Anda implementasikan menjadi sesuatu yang lebih baik dari project ini. Continue Reading…

Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Shutdown dan Sleep

xxxx

Seakan tak ingin ketinggalan sama orang lain, akhirnya saya berhasil install windows 10 enterprise di laptop Saya. Saya memakai laptop HP Pavilion 14 Notebook yang sebelumnya telah pre-installed Windows 8.1, karena Windowsnya original jadi saya dapat notif untuk upgrade ke Windows 10. Sayangnya konfirmasi untuk Instalasi nya tak kunjung datang. Di emailnya selalu tertulis “Jika perangkat Anda sudah siap di upgrade, kami akan menghubungi Anda“. Faktanya, sudah hampir dua bulan saya tidak menerima email untuk instalasi upgradenya. Untungnya saya dapat Windows 10 Enterprise original dengan cara lain. Tanpa pikir panjang saya langsung backup data di drive C saya, kemudian install ulang menggunakan Windows 10. Continue Reading…

Android : Microsoft Band Tutorial

mband

Rasanya sudah lama sekali enggak update blog karena kebetulan ada beberapa kegiatan dan kerjaan yang mengharuskan saya mengurangi jadwal posting, atau bisa jadi karena emang males [?] 🙁

Anyway, pada posting kali ini saya akan coba sharing bagaimana membuat aplikasi Android yang mengoneksikan Microsoft Band dengan aplikasi yang nantinya aplikasi tersebut dapat menerima data-data yang dihitung dalam gadget Microsoft Band. Continue Reading…

Download App Inventor Project : Escapeplane

xxxx

Aplikasi ini saya buat ketika pertama kali belajar menggunakan App Inventor untuk salah satu tugas mapel Sea-Language ketika mengikuti matrikulasi program D4 TKJMD-ITB. Bagi Anda yang mau atau baru memulai menggunakan App Inventor, saya rasa tidak ada salahnya mencoba project ini di App Inventor Workspace Anda. Continue Reading…