Belajar Pemrograman dengan Code Monkey

168986756_640

Disela-sela belajar mengenai Simulasi Digital bagian kelas maya untuk ujian besok, saya iseng mencari top free apps yang ada di Edmodo. Beberapa top Apps muncul di list, seperti kumpulan rumus-rumus matematika, fisika dan lain sebagainya. Namun ada satu yang menjadi perhatian saya, yaitu App Codemonkey. Sepertinya saya kurang begitu update, soalnya baru hari ini saya tahu ada aplikasi sekeren ini. Jadi Codemonkey ini adalah sebuah game edukasi yang gameplaynya merupakan representasi dari bahasa pemrograman dengan paradigma Object Oriented. Setiap stagennya kita diberi tantangan untuk menggerakan seekor kera untuk mengambil pisang. Nah untuk menggerakannya kera tersebut kita cukup menuliskan syntax sederhana. Misalnya untuk 10 kali langkah syntaxnya menggunakan step 10, kemudian untuk balik kanan menggunakan turn left. Stage demi stage aturannya akan semakin kompleks dan semakin bertambah juga function yang digunakan untuk menggerakan si Kera. Namun jika kita mengikuti setiap stepnya dengan baik, rasanya akan terasa mudah. Kita cukup menggunakan logika atau alur bagaimana si kera harus mendapatkan semua pisang yang ada di stage, kemudian kita visualisasikan cara-cara tersebut kedalam syntax dengan menggunakan functions yang berada pada game Code Monkey. Misalnya saya sudah masuk dalam challenge #15 seperti berikut :

Maka secara logika sederhana supaya si Kera ini dapat mengambil pisangnya adalah sebagai berikut :

1. Kura-kura berjalan 10 langkah sehingga berhenti tepat di depan kera. Untuk menghitung langkahnya, kita bisa menggunakan penggaris yang ada pada pojok kiri pada game.

2. Kemudian kera melewati kura-kura dan berjalan 15 langkah untuk dapat sampai ke pisang.

Sehingga, jika kita rubah alur tersebut kedalam syntax code monkey maka hasilnya adalah seperti berikut :

Ingat, kera adalah object utama kita. Sehingga untuk menggerakan kura-kura kita perlu mendefinisikan dulu objek kura-kuranya kemudian diberi tugas untuk berjalan. Untuk menuliskan Syntaxnya bisa menggunakan dua cara, diketik manual atau dengan cara klik pada panel dan objek-objek yang disediakan. Misalnya kita ingin menggerkana kura-kura, maka langkah-langkahnya adalah : klik pada objek kura-kura, kemudian klik step (gambar kaki) yang berada di pojok kanan bawah halaman. Sehingga secara otomatis konsolnya akan terisi turtle.step kemudian tinggal diisi value berapa langkah si kura-kura tersebut berjalan / berenang. Terakhir klik tombol Play, kemudian kita akan melihat proses bagaimana objek bergerak seperti syntax yang sudah kita tuliskan. Sederhana bukan ?

Saya pikir ini akan sangat baik sekali digunakan untuk memperkenalkan bagaimana alur bahasa pemrograman berjalan, khususnya bagi anak-anak. Apalagi simulasi ini dikemas dalam sebuah permainan yang interaktif dan menarik, sehingga bukan jamannya lagi istilah “Belajar bahasa pemrograman itu sulit“. Selain belajar bagaimana mengasah logika, codemonkey juga bisa menjadi media pembelajaran pengenalan programming pada anak-anak. Sehingga ketika mereka terbiasa atau bahkan mulai menyukai bagaimana merepresentasikan sebuah algoritma menjadi sebuah susunan bahasa, mereka akan tumbuh baik dengan itu. Sebagai seorang guru, anda bisa mengintegrasikannya dengan Edmodo. Akun guru tinggal menginstall app tersebut pada kelas yang diampu, kemudian tuntun, bimbing dan fasilitasi siswa-siswanya untuk bermain Codemonkey. Selamat mencoba!

Links :

Codemonkey plugin untuk Edmodo : https://www.edmodo.com/store/app/codemonkey-free

Codemonkey Online : http://www.playcodemonkey.com/

Sumber gambar sampul : http://b.vimeocdn.com/

Share :

[social_share style=”circle” align=”horizontal” heading_align=”inline” facebook=”1″ twitter=”1″ google_plus=”1″ linkedin=”1″ pinterest=”1″ /]

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *