Mengatasi Asus Zenfone 5 Mati dan Tidak Bisa Masuk Droidbot & Recovery

xxxx

Kejadian ini bermula ketika dapet kerjaan develop aplikasi Android di tempat dimana saya bekerja. Kebetulan saya memakai Asus Zenfone 5 edisi awal untuk proses development untuk aplikasi Android. Sebelum-sebelumnya memang lancar, pada saat akan digunakan device dalam keadaan mati karena sepertinya kehabisan power. Gak sengaja saya paksain nyala dan cuman nampil logo intel beberapa detik. Well, mungkin karena powernya habis, dugaan awal. Saya coba charge dan biarkan beberapa menit sampai powernya terisi beberapa persen. Saya coba nyalakan device dan device hanya terdiam di logo intel. Ah, sepertinya ini softbrick. Harus flash ulang ROM nya. Saya coba lakukan proses flashing tanpa berfikir panjang karena memang harus bisa digunakan pada saat itu juga. Seperti biasanya, untuk varian asus zenfone untuk masuk menu droidbot dengan menekan tombol power + tombol up. Berapa kali saya coba, tetep gak bisa masuk. Dari situ mulai panik, hardbrick kah ?. Gak cukup sampai disitu, saya coba berfikir positif, masih bisa idup berarti masih bisa diperbaiki. Nyari wangsit sini situ akhirnya nemu solusi, tapi sayangnya saya lupa sumbernya. Segera di-update setelah ketemu link-nya. Oke, jadi untuk Anda yang menagalami masalah seperti saya; tidak bisa masuk droidbot dan tidak bisa masuk recovery-mode, mungkin bisa ikutin langkah-langkah ini :

– Device dalam keadaan mati

– Tekan tombol power + tombol up secara bersamaan sampai device bergetar

– Setelah bergetar, buru-buru tekan volume down

– Lepas ketiga tombol tadi sampai muncul logo Android-nya tiduran dan muncul tulisan No-Command

– Tekan lagi tombol volume down, tahan kemudian tekan tombol volume up satu kali (jangan ditahan)

– Lepas tombol volume down tadi segera setalah menekan tombol volume up

Oke jika berhasil masuk ke menu recovery mode, silahkan lakukan side-load seperti biasa.

Good Luck!

Share :

[social_share style=”square” align=”horizontal” heading_align=”inline” facebook=”1″ twitter=”1″ google_plus=”1″ linkedin=”1″ pinterest=”1″ /]

Related Posts:

One thought on “Mengatasi Asus Zenfone 5 Mati dan Tidak Bisa Masuk Droidbot & Recovery

  1. Bermanfaat gan infonya, tapi buat yang awam belum kebayang nih langkah-langkahnya sudah benar untuk di ikuti/belum. Saran saya divideoin aja gan step by step ya. Keep blogging bermanfaat sekali gan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *