Mengenal 4 Tokoh Dinobot Dalam Transformers 4

transformers_age_of_extinction_trailer-378965

Dalam Posting sebelumnya tentang Review Transformers 4 : Age of Extinction, pernah di singgung tentang karakter Dinobot yang muncul di bagian akhir film, lebih tepatnya pada saat pertarungan melawan Galvatron dan Lockdown. Kehadiran Dinobot ini sepertinya memang sudah dirancang dari jauh-jauh hari oleh Michael Bay untuk memberikan kesan segar pada film tersebut. Seperti yang beredar luas di Internet, Kehadiran Dinobots sepertinya memang di tunjukan sebagai pembantu Optimus Prime untuk film-film selanjutnya, mengingat jika kita melihat kembali pada film Transformers 4 anggota Autobots hanya tersisa beberapa saja. Namun di akhir film, kita juga bisa melihat adegan dimana Optimus Prime melepaskan para Dinobots itu pergi setelah susah payah membebaskan mereka kemudian menaklukannya supaya mau bekerja sama dengan Optimus dalam melawan Villain dalam film tersebut.

Dalam cerita Transformer original, Dinobots adalah sebuah Sub-Group dari Autobots yang memiliki kemampuan intelektual yang rendah dan cenderung Tempramental. Namun, diceritakan juga bahwa mereka memiliki kekuatan yang tak lazim seperti kebanyakan Autobot lainnya seperti bisa menyemburkan api dari mulut dan mengeluarkan laser dari matanya. Mungkin itulah sebabnya ketika pertama kali mereka dilepaskan dari motership Lockdown, mereka malah menyerang Optimus yang telah membebaskannya, meskipun pada akhirnya dapat dikendalikan. Ada sedikit perbedaan antara cerita versi movie dan cerita versi komik / serinya. Pada versi movie diceritakan bahwa para Dinobots adalah legenda petarung Cybertron yang diciptakan pada zaman bumi masih dalam era purbakala yang diciptakan dari proses pembuatan Transformium menggunakan Seed. Sedangkan pada versi original, para Dinobot ini diciptakan atas saran Whelljack, salah satu anggota Autobots. Wheeljack sebagai seorang Ilmuwan Autobot merasa perlu menambah armada perang mereka untuk memperkuat pertahanan dalam melawan Decepticon. Hal tersebut di amini oleh Optimus sebagai leader para Autobot, dan kemudian dinamakanlah project tersebut sebagai project Dinobots. Pengembangan Dinobots tersebut tidak berjalan mulus, ketika mereka berhasil diciptakan mereka menjadi sulit dikendalikan dan malah membuat kekacauan di markas Autobot. Akhirnya Optimus membatalkan project tersebut dan menyuruh menyimpan kembali tubuh para Dinobot kedalam tanah. Namun ketika para Autobots kewalahan dalam menghadapi Decepticon, Wheeljack berhasil menguprade intelejensia dinobots supaya bisa membantu autobots dalam melawan Decepticon hingga akhirnya mereka bergabung dalam keluarga besar Autobots.  Berikut gue review keempat anggota Dinobots tersebut.

1. Grimlock 

Yak! Ini Dinobot yang paling Badass di antara dino yang lainnya. Bentuk perubahannya menjadi seekor T-Rex yang ganas dan bisa menyemburkan api dari mulutnya. Dan ketika menjadi bentuk robot, Grimlock dipersenjatai dengan pedang Energon. Diceritakan Grimelock adalah pemimpin para Dinobot, namun tidak diceritakan kenapa Grimlock bisa dikalahkan oleh Lockdown sehingga berhasil ditangkap. Sebagai pemimpin, Grimlock bertanggung jawab penuh atas anggota-anggotanya. Hal ini bisa kita lihat dari adegan dimana Optimus bertarung dengan Grimlock dalam menentukan keberpihakannya. Ketika Grimlock berhasil ditaklukan dan berpihak pada Optimus, anggota-anggota lainnya ikut pada keputusan Grimlock hingga akhirnya mereka semua ikut ke medan perang melawan Galvatron dan Lockdown.

2. Strafe

Strafe adalah Dinobot dengan wujud Pteranodon dengan dua kepala. Dalam movie Strafe ditunggangi Bumblebee menyelamatkan Seed. Banyak yang berspekulasi bahwa Strafe ini adalah sosok Swoop pada versi kartun. Diceritakan secara intelejensia Swoop adalah dinobot yang lebih pintar dibandingkan dinobot yang lainnya. Swoop juga dikenal dengan ketangkasan serangannya di udara.  Dia memiliki kecepatan 250 mph, mempunyai dua roket yang tersimpan di bagian sayap kiri dan kanannya dan dapat menembakan laser dari matanya. Namun sosok Strafe dan Swoop merupakan sosok yang berbeda. Pada versi kartun, Strafe diceritakan sebagai sosok aircraft ahli persenjataan dalam sub-group Technobots. Technobots sendiri adalah team yang dibuat oleh Grimlock pada saat menghadapi Terrorcons. Tapi seperti yang kita tahu dalam movie ini Strafe digambarkan sebagai wujud Pteranodon, sedangkan wujud Pteranodon adalah Swoop pada versi kartun. Jadi apakah sebenarnya Strafe ini adalah Swoop yang namanya dirubah untuk kepentingan film ?

3. Slug

Pada film Slug ini ditunggangi oleh Drift, seorang Autobot berperawakan samurai menuju medan pertempuran bersama Optimus. Slug, atau pada versi komik disebut Slag merupakan sosok Dinobot dengan perubahan bentuk menjadi Triceratops. Dalam versi kartun Slug ini merupakan sosok dinobot dengan kemampuan yang sangat lengkap. Bentuknya yang merupakan Triceratops yang kuat membuatnya menjadi benteng pertahanan dalam setiap pertempuran. Dipersenjatai dengan semburan api dari mulutnya, ia juga dapat mengahncurkan sebuah gedung hanya dengan tubrukan dari kepalanya. Tidak hanya itu, ia juga memiliki sinar laser dari matanya, dan ketika menjadi mode robot dia memiliki pedang energon, pistau laser dan juga peluncur roket. Pada beberapa episode versi kartun, Slug bahkan tampil sebagai pemimpin Dinobots

4. Scorn

Kalau Scorn ini yang ditunggangi oleh Crosshair (gambar kanan). Scorn digambarkan sebagai bentuk Spinosaurus dengan bentuk paling menakutkan diantara Dinobots yang lainnya. Ketika menjadi bentuk robot, scorn dipersenjatai dengan pedang energon dan bentuk semacam tombak sebagai lengan kirinya. Scorn adalah partner yang baik Crosshair ketika menuju medan perang. Bahkan saking sok akrabnya, Crosshair memberi julukan “Spike” pada Scorn seakan-akan Scorn adalah peliharannya.


Sumber gambar : tfwiki.net & Yahoo

 

Related Posts:

5 thoughts on “Mengenal 4 Tokoh Dinobot Dalam Transformers 4

  1. kak, mo nanya tntang Drift nih. ada 2 prtanyaannya:
    1. knapa di film Transformers 4 Drift perawakannya ky samurai?
    2. apa yg ngebedain Drift versi Transformers 4 & Drift versi Transformer original kalo diliat dr biografinya?

    • Saya jawab sepengetahuan saya aja ya
      1. Menurut saya sih mungkin memang karena kebutuhan film, supaya lebih berkarakter aja, dan memang di beberapa seri juga Drift perawakannya di representasikan sebagai seorang cybertron dengan keahlian berpedang.



      Atau memang mengadaptasi dari cerita Transformers: Armada dimana si Drift ini memang bentuknya kayak samuari gitu.


      2.Well, Drift gak banyak diceritain juga sih di Transformers 4 ini, lebih banyak scene dimana ia bertarung atau nyebut “Sensei” sama si Optimus. Tapi kalau liat biografinya si Drift ini memang dulunya adalah seorang Decepticon dengan nama Deadlock yang akhirnya berubah nama jadi Drift, saya gak tahu di versi movienya apakah asal usul Drift juga seperti itu.


      Ngefans banget ya sama Drift ? 😀

  2. Gan mau nanya tentang tentang Optimus Prime dong … sebenernya pemimpin pertama autobot sampe sekarang siapa

    Dann bener gak optimus prime pernah mati suri dan dibangkitkan kembali sama Rodimus Prime……???”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *